Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, The Next Smartphone Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi

Setelah kemunculan Galaxy S5, Samsung sebagai produsen ponsel terbaik berjanji bahwa perangkat Galaxy berikutnya akan menjadi hal yang sangat istimewa. Untuk menjawab janji tersebut, Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Peluncuran ini tentunya menjadi salah satu momen yang paling penting bagi Samsung setelah sekian lama menghadirkan sederet perangkat high-end nya.

Momen paling penting yang dimaksudkan disini adalah bahwa Samsung dapat dikatakan sedang melakukan proses reboot. Dikarenakan setelah sekian lama Samsung mengusung body berbahan plastik, akhirnya untuk body Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge digunakanlah bahan dari perpaduan material metal dan kaca anti gores. Material metal ini biasanya juga digunakan untuk pembuatan pesawat terbang.

Dari keduanya, Galaxy S6 Edge adalah model teratas yang dibekali dengan display berbentuk melengkung di sisi kiri dan kanan. Sedangkan Galaxy S6 yang memiliki layar datar konvensional.

Berikut ini rangkuman kelebihan dan kekurangan dari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge:

KELEBIHAN

  • Desain tipis 6.8 mm dengan berat sebesar 132 gram. Dimensi keseluruhan berukuran 142.1 x 70.1 x 6.8 mm, ponsel ini terlihat elegan dengan bazel tipis.
  • Memiliki layar beredesain lengkung pada bagian samping kiri dan kanan (Galaxy S6 Edge).
  • Chipset generasi terbaru dengan aristektur 64 Bit dan didesain dengan teknologi 14nm Exynos 7420 yang memiliki kecepatan Octa Core perpaduan dari prosesor tercepat (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57). Selain itu Samsung juga memberikan RAM berukuran 3GB dan GPU Mali-T760 yang akan memberikan pengalaman mobile dengan performa dan multitasking terbaik.
  • Kinerja mengagumkan akan ditambah dengan kualitas layar terbaik, yang dibuat dengan teknologi Super Amoled Display yang mampu menghasilkan warna lebih nyata dan gambar lebih hidup. Layar memiliki luas 5.1 inchi dengan resolusi Quad HD sebesar 440 x 2560 pixels. Kerapatan pixel yang dihasilkan layar tersebut mencapai -577 ppi sehingga gambar akan terlihat sangat detail, dan terlihat lebih nyata. Tak lupa Samsung juga melindungi layar dan bagian belakang dengan teknologi Gorilla Glass 4 yang lebih kuat terhadap goresan dan benturan dibandingkan Gorilla Glass 3 pada Galaxy S5.
  • Untuk konektivitas, sudah disediakan teknologi LTE Cat.6 yang mampu mengakses internet dengan kecepatan mencapai 300 mbps, dan didukung Bluetooth V4.1, Wifi Dual Band, USB OTG, dan port MicroUSB yang mendukung MHL 3 TV-out. Sedangkan untuk navigasinya mengandalkan GPS berkemampuan A-GPS, GLONASS, dan Beidou.
  • Memiliki akses cepat ke kamera yang diberi nama Quick Launch.
  • Foto yang dihasilkan dari perangkat ini sangat tajam karena sudah menggunakan kamera ponsel terbaik dengan kekuatan 16 megapiksel pada bagian belakangnya yang dilengkapi dengan LED Flash, lensa F1.9, dan OIS (Optical Image Stabilization). Walaupun low light tapi hasilnya sangat mengagumkan.
  • Kamera depannya memiliki kekuatan 5 megapiksel yang sangat bagus untuk digunakan foto selfie dengan berbagai macam angle atau mode dan juga bisa digunakan untuk video call.
  • Dilengkapai dengan sistem operasi terbaru yakni Android 5.0.2 Lollipop dengan TouchWiz.
  • Kapasitas memori internal yang besar dengan pilihan 32/64/128 GB.
  • Baterai berkapasiatas 2550 mAh, mendukung teknologi Ultra Fast Charging yang bisa mengisi baterai selama 10 menit untuk pemakain selama 4 Jam.
  • Memiliki wireless charging atau pengisian nirkabel yang termasuk dalam pembelian.
  • Kemampuan finger scan untuk keamanan dengan mendeteksi sidik jari pemilik yang aslinya atau bukan.
  • Terdapat fitur Samsung Pay sebagai metode pembayaran yang sudah mendukung visa dan mastercard. Sayangnya Samsung Pay hanya bisa digunakan di Amerika, dan mungkin akan menyusul ke negara yang lain.

KEKURANGAN

  • Harga Samsung Galaxy S6 Edge  sangat mahal mencapai 15 Juta Rupiah untuk tipe 128GB.
  • Samsung tidak melengkapi ponsel ini dengan kemampuan tahan air dan debu
  • Baterai tidak bisa di lepas karena dibuat dengan desain unibody.
  • Tidak disediakan opsi memori ekternal sehingga kita harus membeli dengan kapasitas besar yang dibanderol lebih mahal.

SOLUSI ALTERNATIF TERHADAP FAKTOR KEKURANGAN GALAXY S6 & GALAXY S6 EDGE

  1. Baterai yang tidak dapat di lepas

Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, namun Samsung tentunya sudah memberikan cara penyelesaiannya, seperti pada saat terjadi hang namun pada kenyataanya baterai yang ada tidak dapat di lepas. Untuk mengatasi masalah ini yang perlu kita lakukan adalah dengan tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 10 detik untuk melakukan restart secara paksa. Atau jika cara ini tidak berhasil, maka bisa dilakukan dengan cara menekan tombol untuk mengurangi volume suara (volume down), tombol power dan tombol home secara bersamaan. Tekan dan tahan beberapa detik sampai muncul layar peringatan seperti gambar dibawah. Kemudian tekan lagi tombol mengurangi volume suara (volume down) untuk melakukan proses restart, setelah restart maka smartphone akan bekerja secara normal kembali. Selanjutnya uninstall aplikasi-aplikasi yang menggangu kinerja smartphone agar terjadinya hang di kemudian hari dapat terhindarkan.

  1. Tidak adanya slot memori eksternal

Pada Samsung Galaxy S6 & Galaxy S6 Edge tidak terdapat slot untuk memori eksternal, hal ini dikarenakan untuk menjaga kemampuan dan kinerja dari smartphone tersebut. Biasanya jika smartphone ditambah dengan kartu memori eksternal maka kinerja smartphone tidak maksimal dan yang terjadi adalah smartphone sering hang atau kinerja lemah. Oleh karena itu jika penyimpanannya dirasa kurang, kita dapat menggunakan penyimpanan berbasis Cloud melalui Microsoft One Drive sebesar 150GB selama 2 tahun.

  1. Produk yang tidak tahan air dan debu

Walaupun didesain unibody namun Samsung mengilangkan fitur anti air dan debu pada ponsel premiumnya, karena Samsung secara total mengubah desain agar terlihat premium seperti iPhone 6. Sebagai antisipasi alternatif, Samsung memberikan garansi selama 1 tahun untuk setiap produknya. Sementara itu jika smartphonenya hilang, segeralah melapor ke Samsung Center untuk memblokir dengan cepat perangkat tersebut agar datanya tidak ada yang mengambil.

  1. Harga produk yang mahal

Harga yang mahal justru akan memberikan nilai tersendiri bagi pemakainya, karena rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta untuk membeli sebuah smartphone, dan yang pasti kita tak akan menyesal apabila membeli ponsel ini, karena ponsel ini memiliki fitur sangat lengkap dan terlihat premium karena menggunakan material metal disekujur bodynya. Khusus untuk Galaxy S6 Edge, teknologi Curved Edge Screen tentunya akan membuat kita merasakan pengalaman berbeda dalam menggunakan smartphone.

 

MEMBEDAKAN GALAXY S6 & GALAXY S6 EDGE ASLI ATAU PALSU

Karena harganya yang mahal ini tentunya kita tidak akan mau membeli Samsung Galaxy S6 atau Galaxy S6 Edge yang palsu, karena saat ini yang palsu tersebut sudah banyak beredar. Untuk itu bagi calon pembeli disarankan belilah produk dari Samsung Store resmi terdekat agar terjamin keaslian dan kualitasnya.

Berikut cara untuk membedakan yang asli atau palsu:

  1. Box tidak mencantumkan info lengkap

Kotak penjualan jika sekilas dilihat memang begitu mirip. Dari warna dan tulisan yang digunakan pun terlihat sama. Namun lihatlah ke bagian informasi di bagian depan. Produk yang palsu tidak mencantumkan kapasitas memori internal. Walaupun sama-sama mencantumkan label di bagian bawah, kotak yang palsu tidak memberikan informasi di label. Sedangkan yang asli memberikan info penting dari perangkat seperti serial number dan kode dari gadget itu sendiri.

  1. Layar yang kurang responsif

Ini memang cara paling gampang, tapi sepertinya kita harus membeli dulu untuk mengetesnya. Gerakkan saja layar di home dengan cepat. Jika dirasa responnya lambat, bisa dipastikan produk tersebut palsu. Karena produk yang asli menggunakan spesifikasi tingkat tinggi. Karena itu, kecil kemungkinan perangkat ini memiliki respon yang lambat.

  1. Casing tidak lagi menggunakan plastik

Galaxy S6 & Galaxy S6 Edge sudah menggunakan material metal. Jadi jika ditemukan produk yang masih menggunakan plastik sebagai bodynya, dipastikan smartphone itu palsu.

Demikianlah uraian mengenai Samsung Galaxy S6 & Galaxy S6 Edge yang saat ini sudah dikenal masyarakat sebagai ponsel terbaik, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Blog Samsung S6 dengan tema: “Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, The Next Smartphone Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi”.

Leave a Reply