Oli Mobil Terbaik di Indonesia – Total Quartz

Oli Mobil TerbaikTahukah Anda bahwa terdapat tiga musuh besar bagi mesin mobil sekalipun kita secara berkala sudah mengganti oli? Ya, ketiga musuh yang akan selalu menghantui mesin adalah kehancuran akibat friksi, korosi, dan lemahnya proteksi.

Dan, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan dini pada mesin mobil? Cukupkah dengan lebih memperpendek jarak pergantian oli? Perlukah kita memangkas waktu penggunaan kendaraan, menghindari kemacetan, atau lebih sering melakukan perawatan berat?

Sepintas pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti bisa dijawaban dengan, “ya.” Dan, memang tak mudah menentukan jawaban “tidak” ketika oli yang kita anggap terbaik tetap berpotensi menghidupkan musuh di dalam mesin. Hari ini, di saat persaingan bisnis oli semakin sengit, menentukan produk oli mesin mobil terbaik memang menjadi masalah tersendiri.

Namun sebelum kita mencari tahu solusi untuk permasalahan-permasalahan tersebut, ada baiknya kita untuk tahu bagaimana sebenarnya suatu pelumas bekerja di dalam mesin mobil. Berikut ini video penjelasan dari Total:

 

Setelah melihat video di atas tentunya sekarang kita tahu bahwa keberadaan pelumas sangat dibutuhkan oleh suatu mesin mobil. Selanjutnya yang perlu kita lakukan sekarang adalah jangan sampai salah dalam memilih pelumas untuk mobil kita.

Karena akan menjadi bencana bagi pemilik mobil ketika oli yang kita tuangkan ke dalam mesin akhirnya hanya menyisakan suara kasar. Sebab ini adalah fase awal dari kerusakan. Sebuah fase di mana fungsi kerja mesin akan terus menurun hingga akhirnya berhenti sepenuhnya. Kita bisa saja menghentikan kerusakannya. Tapi butuh ongkos yang tak murah, sekalipun untuk mengembalikan ke kondisi yang tak lagi seperti baru.

Sangat mengecewakan memang. Terlebih bila kita merasa sudah mengganti oli mesin sesuai dengan jarak tempuh yang telah direkomendasi. Namun itulah kosekuensi yang harus dibayar manakala kita salah memilih oli mesin mobil.

Sebenarnya bukan jarak tempuh semata yang menjadi pokok permasalahan oli mesin mobil. Tapi lebih kepada fungsi oli mesin itu sendiri. Tak kalah penting adalah mengetahui bagaimana tingkat kualitas oli mesin yang kita tuangkan.

Memang tak mudah mengetahui kualitas sebuah oli mesin mobil. Apalagi untuk mereka yang awam tentang teknis mesin dan perpelumasan. Sementara ini banyak di antara kita hanya terbawa arus anjuran orang atau terpengaruh jargon marketing produsen oli. Padahal tanpa disadari bisa bermuara pada kekecewaan.

Pada dasarnya kita harus bisa menyadari bahwa oli mesin mobil memiliki tiga fungsi penting pencegahan, yaitu friksi, korosi, dan proteksi. Ketiga fungsi tersebut tak boleh dilepaskan dalam sebuah produk oli mesin mobil. Fungsi ketiganya harus saling mengikat satu sama lain dalam sebuah formulasi yang terukur.

Terlebih untuk mobil-mobil modern yang dijual hari ini, di mana memiliki tingkat kerapatan komponen di dalam mesin yang sangat tinggi dengan material-material khusus berbobot ringan. Pada kasus ini toleransi terjadinya kesalahan pelumasan menjadi sangat kecil.

Total QuartzDalam kondisi seperti itu maka cobalah mengingat tentang falsafah A.R.T yang dikumandangkan Total untuk seri produk oli mobil terbaiknya, Quartz 9000. A.R.T yang merupakan kependekan dari Age Resistance Technology mengajarkan kepada kita tentang pentingnya fungsi pencegahan friksi, korosi, dan proteksi.

Lewat susunan formulasi uniknya Total Quartz 9000 telah menjadi oli sintetis  yang mampu menjaga kinerja mesin mobil seperti selalu baru, sekalipun kita memakainya setiap hari dalam tekanan durabilitas yang tinggi. Hal tersebut tercipta lantaran Total secara radikal mampu mencampur dua komponen, polimer dan adiktif performa, secara terukur bersama base oil ke dalam Quartz 9000.

 

Varian Produk Total Quartz

Total Quartz

Untuk Total Quartz 9000 sendiri tersedia dua vairan yaitu Total Quartz 9000 Future SN 5W30 dan Total Quartz 9000 SM 5W40. Selain dua varian tersebut, juga masih ada tiga varian lainnya yakni Total Quartz 7000 SM 10W40, Total Quartz 5000 SM 15W50, dan Total Rubia TIR 6400 15W40. Berikut ini informasi detail mengenai kelima varian tersebut.

 

Quartz 9000 Future SN 5W30

Total Quartz

Feature: 5W30, API SN, ILSAC GF-5

Benefits:

  • Memiliki standar API service tertinggi SN, ILSAC GF-5 yang merupakan performa standar terkini untuk pelumas mesin kendaraan bensin dan dikembangkan untuk memenuhi standar emisi tertinggi serta keperluan standar bahan bakar terbaik.
  • Dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan Friction Reduction Technology sehingga kerja mesin lebih ringan tanpa menurunkan performa mesin.
  • Pengembangan teknologi terkini untuk menghindari lengketnya ring piston, mengurangi endapan yang mengakibatkan keausan mesin serta menjadikan komponen mesin lebih awet serta terjaga performanya.
  • Sangat direkomendasikan untuk kendaraan terkini yang menggunakan teknologi tinggi (turbocharge, multi-valve, catalytic converter) yang berbahan bakar bensin.
  • Memiliki aditif yang melumasi seluruh lapisan hingga kebagian terkecil dari mesin kendaraan yang membuat lebih efisien dan mudah dinyalakan.
  • Quartz 9000 Future 5W30 ini dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh mesin kendaraan dari kondisi dan pemakaian yang ekstrem.

 

Total Quartz 9000 SM 5W40

Total Quartz

Feature: 5W40, API SM / CF, ACEA A3/B4-04, MB 229.3, BMW Long Live 98, VW 502.00/505.00, Porsche

Benefits:

  • Fully synthetic oil dengan aditif khusus yang dapat melindungi mesin secara penuh terhadap mesin kendaraan anda.
  • Dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh mesin kendaraan dari kondisi dan pemakaian yang ekstrem.
  • Mampu melindungi mesin dari keausan, memperpanjang usia mesin serta tahan terhadap oksidasi tinggi.
  • Aditif deterjen mutakhir yang ada pada pelumas ini mampu membersihkan komponen secara menyeluruh.
  • Dapat digunakan untuk jarak tempuh yang lebih panjang karena dirancang untuk penggantian pelumas yang lebih lama (Longer Oil Drain Interval).

 

Total Quartz 7000 SM 10W40

Total Quartz 7000 SM 10W40

Feature: 10W40; API SM / CF; ACEA A3/B3-04, MB 229.1, VW 505.00; Peugeot, Citroen, Ford, GM, PSA, BMW, Audi, Volkswagen dan Mercedes Benz

Benefits:

  • Produk synthetic base engine oil yang dikombinasikan dengan formulasi synthetic dan conventional quality base oil dan digabungkan dengan aditif performa modern untuk memenuhi persyaratan API service kategori SM/CF.
  • Pelumas semi-synthetic dapat digunakan pada mobil bermesin turbocharge, multivalve dan direct injection yang berbahan bakar bensin dan diesel. Dapat beradaptasi sempurna untuk kendaraan yang menggunakan catalyst serta berbahan bakar tanpa timbal dan LPG. Sangat sesuai untuk kondisi kerja berat dan lalu lintas yang padat.
  • Memiliki Vicosity Index yang tinggi sehingga menjamin kekuatan pelumas pada rentang suhu besar pada berbagai kondisi kendaraan.
  • Memiliki daya tahan terhadap oksidasi.
  • Menjaga kebersihan komponen mesin dan meningkatkan tenaga mesin.

 

Total Quartz 5000 SM 15W50

Total Quartz

Feature: 15W50; API SM / CF; ACEA A2/B2; Peugeot, Citroen, Ford, GM, PSA, BMW, Audi, VW dan Mercedes Benz

Benefits:

  • Pelumas multigrade dapat digunakan pada mobil bermesin turbocharge yang berbahan bakar bensin dan diesel, mampu beradaptasi sempurna untuk kendaraan yang menggunakan catalyst serta berbahan bakar dengan atau tanpa timbal dan LPG. Sangat sesuai untuk kendaraan yang digunakan setiap hari.
  • Melampaui standar API SM/CF yang menjamin mutu pelumas tetap konsisten & terjaga.
  • Memiliki Viscosity Index yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan untuk mencegah kehausan dan korosi mesin.
  • Memiliki aditif oksidan yang dapat mencegah korosi, karat dan buih sehingga dapat memperpanjang usia mesin kendaraan anda.

 

Total Rubia TIR 6400 15W40

Total Quartz

Feature: 15W40

Benefits:

  • Pelumas mesin TOTAL RUBIA TIR telah disetujui oleh mayoritas manufaktur, terbuat dari bahan dasar minyak dengan performa tinggi dan bahan tambahan, menawarkan kinerja optimal pada mesin dan memenuhi persyaratan yang paling ketat, terutama dimana sistem generasi terbaru mesin yang paling diperhatikan.
  • Pelumas Rubia Tir, telah disetujui oleh semua manufaktur dan telah memenuhi kebutuhan armada yang sering meliputi kendaraan dalam berbagai pembuatan.
  • Mengindari penyumbatan pada bagian sensitif (contohnya piston).
  • Melindungi mesin dari kehausan.

 

Totalitas Total dalam Pengembangan Teknologi

Total Quartz

Kita tentu tak perlu sangsi terhadap kemampuan Total dalam rancang bangun teknologi dan pengembangan oli untuk kendaraan. Perusahaan berbasis di Paris, Perancis yang eksis di bidang perminyakan dan gas sejak 1924 ini secara tradisi selalu mampu mengikuti kebutuhan mobilitas kendaraan dari masa ke masa.

Ribuan riset telah dilakukan Total, baik di laboraturium tertutup maupun riset bergerak esktrim, seperti Formula 1, WRC, Dakar, hingga balap ketahanan Le Mans. Jadi, tingkat kejenuhan lalulintas stop-and-go seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan ini di kota-kota besar di Indonesia tentunya belum seekstrim kebutuhan performa di balapan-balapan kelas dunia tersebut.

Bahkan untuk membuktikan kesesuaian Total Quartz terhadap kebutuhan oli mesin mobil di Tanah Air, Total bahkan membuka laman internet khusus Indonesia http://www.total.id/. Di samping itu, Total juga mengajak kosumen di Indonesia berbagi pengalaman dalam media sosial Facebook (www.facebook.com/TotalIndonesia).

 

Total Quartz

Tulisan ini disusun dari kumpulan berbagai sumber dan dimaksudkan untuk mengikuti Total Quartz Blogging Competition yang diselenggarakan oleh PT. Total Oil Indonesia bekerja sama dengan PT. Dapur Pacu Indonesia. Semoga segala informasi yang tersaji ditulisan ini dapat memberi pengetahuan lebih bagi para pembaca. Terimakasih…

 

Referensi:

Total Quartz Blogging Competition | Facebook Total Indonesia | Total Indonesia | Total Global | Dapur Pacu

Leave a Reply